Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam

Ternak Ayam ~ Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit ND (Newcastle desease). Sifat penyakit ini mudah sekali menular dari satu ayam ke ayam lainnya pada segala umur.


Penularannya bisa melalui udara, kontak langsung dengan ayam yang sakit, makanan yang tercemar atau bisa juga dibawa oleh binatang liar seperti burung yang masuk ke kandang.

Gejala Penyakit Tetelo Pada Ayam

  • Ayam terlihat lemah
  • Pucat, malas, bulu kusam dan nafsu makan kurang. 
  • Hidung, paruh dan tenggorokannya berlendir. 
  • Kotoran mencret, berwarna kehijauan, kekuningan atau hijau putih. 
  • Kematian ayam yang terserang ND sangat tinggi.

Penyebab, pencegahan dan pengobatan penyakit tetelo

Penyebab penyakit tetelo adalah virus Tortor Vurens. Untuk penyakit ini tidak bisa diobati kecuali dengan pencegahan melalui vaksinasi ND yang teratur, namun apabila ragu-ragu dengan gejala yang sama terserang penyakit selain ND, maka ayam bisa diberi vitamin.

Seandainya ada ayam yang bertahan tidak sampai mati, biasanya ayam mempunyai kerusakan pada syaraf untuk koordinasi pergerakan tubuh. Ayam yang terserang sebaiknya dipotong untuk dikonsumsi, sementara sisa tubuh seperti bulu, darah atau jaringan tubuh yang lain yang tidak termanfaatkan dikubur atau dibakar. Ternak Ayam
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Sebagai sumbernya

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya